Backpacker : Si Jomblo di Solo

Hai Hai lama baget nggak nongkrong di sini, yaah mau gimana lagi sibuk sama kerjaan. Maklum marketing, meski lima hari kerja tapi sabtu dan minggu itu cukup berharga buat nyante dan buat nulis itu mikir-mikir karena tiap hari ngetik terus hahaa.

Lupakan kerjaan, meski harus samasama nulis tapi beda rasanya karna bisa sambil ngemil.
Ceritanya kemaren libur panjang maulid nabi aku backpacker ke Solo, niatnya sih mau ke Bandung tapi pikir-pikir mesti bakalan bayak pengunjung karna Bandung merupakan salah satu tempat wajib bagi para wisatawan. Ketemulah Solo yang nggak begitu jauh dari Jogja dan cuma pengen kulineran saja sama ke tempat yang belum aku kunjungi 5 tahun lalu waktu maen ke Solo.

Sabtu bayak acara kondangan sama ke panti asuhan sama temen tim jadi berangkat minggu pagi. Sebelumnya aku sudah booking penginapan dari jauh-jauh hari, alhamdulillahnya dapat yang pas. Pas nyamannya, kualitas, pelayanan dan harga yg nggak terlalu murah dan mahal. Aku nginep di victoria guest house lewat aplikasi booking hotel andalanku traveloka.

senjata wajib
Berangkat dari Stasiun Tugu pake Prameks (prambanan ekspres) tiket cuma 8rb tapi barengan ke Solo bayak bener jadi aku berdiri dari berangkat sampai Solo HHHH. Berangkat jam 9 sampai Solo jam setengah 11. Keluar parkiran perut sudah nyanyi, cari makan dulu sekitar stasiun ketemu sama tenda Soto Daging (tulisannya) pas depan pasar deket Stasiun Balapan. Pesenlah aku seporsi soto nggak pake pesen minum atau tambahan perkedel ataupun tempe dan kawan-kawannya.

soto daging (tulisannya) yang mengecewakan

Beginilah penampakan si Soto Daging (tulisannya), isinya cuma nasi di kasih kuah yang anyep nggak berasa asin atau manis ✌ dan harganya 8rb seharga tiket prameks buat balek lagi ke jogja ☺✌
Nggak perlu lama-lama makan, langsung order Go-Jek buat ke penginapan. Hmmm belum waktunya check-in cuma belum terplaning mau kemana dulu, niatnya mau dipikirin kalau sudah sampai penginapan tapi emag belum bisa check-in karna masih penuh. Oke deh ngrepotin pak Go-Jek lagi, ke Serabi Notosuman. Kenapa kesana? HHHH sebenernya karna keinget saja pengen ngrasain serabi yang katanya legendaris dan banyak peminatnya
Ingat ya? jalan satu arah lho jadi harus muter dulu baru bisa ke serabi. Ada dua plang Serabi Notosuman, yang satu warna oren dan satu lagi warna ijo, nah si bapak Go-Jek nurunin aku di serabai yang plangnya ijo, alesannya karna yang paling rame di kunjungi adalah yang ijo ✌

Di depan toko ada pekerjanya yang lagi masak serabi, kalau mau pesen langsung masuk saja katanya. Masuk ke toko, ya semacam toko panganan gitu tapi aku nggak minat buat lihat-lihat karna niatnya memang mau beli serabi. Di tembok pemesanan ada tulisan tuh, serabi 10 putih semua 23rb, campur 5 putih 5 coklat 24rb dan 10 coklat semua 25rb.

serabi notosuman

serabi notosuman campur

Begitu penampakan si serabi, lupa foto plang serabinya HHHH ini foto di ambil setelah sampai di penginapan, si serabi hanya bisa bertahan maksimal 3 hari ya guys jadi kalau lebih dari itu sudah bisa di pastikan basi.

Setelah dari serabi, ngrepotin lagi pak Go-Jek buat mampir shalat dulu. Di anterlah aku ke Masjid Agung yang MasyaAllah rame sama manusia karna esok hari ada gunungan kan?, shalat dzuhur lah aku disana, pokoknya tempatnya paling pojok kiri dari parkiran ya (buta arah kalau di kota orang) khusus buat shalat para jama'ah putri yess.

parkiran masjid agung solo
Dari Masjid Agung langsung pulang ke penginapan karna mata sudah nggak kuat buat melek, istirahat sampai adzan ashar. Bersih-bersih badan, ngemil bentar sambil searching ng-fix-in planning sore ini mau kulineran kemana.
selfi sebelum ke Galabo
selingan dikit about victoria guest house ☺☝

victoria guest house Solo

Dan Galabo lah pilihanya, katanya disana lengkap mau makan apa aja tapi mahal juga HHHH, it's oke karena penasaran juga. FYI Galabo singkatan dari Gladag, Langen, Bogan yang artinya aku nggak tau HHHH bisa seach sendiri ya guys ✌✌✌
Sampai sana, meja-mejanya baru mau di tata. Galabo itu mengambil area sepanjang jalan deket alun-alun, menurut info yang aku dapat para pedagang gantian jualan jadi kayak sift-sift pedagang gitu ada yang jualan di pagi sama malam hari tapi kalau pagi hari cuma pake kios yang sudah disediakan sedangkan kalau malam hari ada tambahan tenda-tenda disepanjang jalan.

Galabo Solo
prepare Galabo (1)

preapare Galabo (2)
Karna masih lama bukanya atau aku yang terlalu semangat buat makan karna perut sudah nyanyi minta tolong di isi HHHH. Ngisi waktu tunggu sama bapak penjual es dongdong, ngobrol ngalor ngidul bahas sana sini sampai bapaknya pamitan mau pulang dan aku sempet beli es dongdong juga, aku beli yang harga 6rb pake tape ijo ☺✌ kalau di jogja pakenya roti tawar.

es dongdong pake tape ijo
pak penjual es dongdong
Selepas bapak penjual es dongdong pergi, aku nyamperin embak-embak yang duduk sendirian, ajakin ngobrol tapi mbaknya kayak nggak nyaman HHHH yang ngakunya pekerja di salah satu tempat belanja sekitar Galabo lagi nunggu jemputan suaminya. Lepas si embak pergi nyarilah aku mushola terdekat, maghrib-maghrib guys pamali. Shalat maghrib. Eeeh balek lagi ke jejeran tenda Galabo sudah rame aja sama orang yang kelaperan sama kayak aku. Jalan kayak orang kelaparan #emangkelaparan, bingung mau menjatuhkan pilihan perut ke makanan mana. Mau Timlo tapi kok kosong kiosnya, akhirnya ada tulisan sate lilit... coba ahhh. Pesen di buibu yang ngipasin sate terus pilih tempat buat makan, terserah guys mau lesehan atau duduk di meja yang sudah disediakan di sepanjang jalan asalkan jangan lupa ngomong kamu duduk dimana ☺✌ nanti bakal disamperin sama makanan yang kamu pesen.

Waktu itu aku bingung mau duduk mana, nemulah sepasang eehh iya sepasang cewek cantik berjilbab lagi makan nasi ceker, sok asik lah aku HHHH basa basi terus mereka yang kaget karna aku backpackeran sendirian. Namanya Vira sama Wahyu, status masih mahasiswa.
ini Vira dan suasana Galabo
Galabo di malam hari
sate lilit

Makanan pun datang jengjeng... sikit kali, bukan posiku makan segini HHHH sate lilit 2 tusuk harga 27rb + nasi 3rb jadi total 30rb guys dimana perutku masih minta tolong karna kelaperan. Skip masalah perut, akhir cerita di meja Galabo... Vira dan Wahyu ngajakin foto-foto di depan BI. Jalan kakilah kita bertiga ke lokasi. Nggak jauh kok dari Galabo sekitar 100m, tapi rupanya lagi rame juga buat potopoto muda mudi.
Vira dan Wahyu

take by Wahyu

with Vira take by Wahyu
Ngobrol-ngobrol bentar, karna masih lepas isya' (7.15 pm) akhirna kita putusin buat potopoto lagi ke patung Sukarno yang ada di Staduin Manahan. Aku nge-Go-Jek mereka motoran. Sampai sana rame juga mudamudi potopoto dan mojok juga di kegelapan.

patung Sukarno depan Stadion Manahan
Lepas foto-foto, kita puterin Stadion Manahan pake becak warnawarni 20rb sekali putaran terus karna aku masih lapar banget jadi makanlah aku nasi goreng harga 14rb di deretan kios makanan samping stadion. Pamitan dan tukeran no WA sama wahyu. Sampai penginapan jam 8.50 pm, alhamdulillah tetep jaga jam malam meski di kota orang.

Esoknya, lepas shalat subuh sambil lihatin ceramahnya Ustadz Maulana dan ngemil kecil sambil searching Timlo di Pasar Gede karna sebelumnya sudah tanya-tanya sama pak Go-Jek kalau di Pasar Gede ada Timlo legendaris

Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo (2)

Gerimis membuka pagi itu, sesampai di Pasar Gede yang memang masih terjaga bangunan asli kunonya. Mulailah menelusuri jalan mencari si Timlo. Kalau kamu turun di depan pasar, teruslah berjalan ke arah belakang pasar karna Timlo ada di pojokan paling belakang kiri pasar.

Timlo sastro Pasar Gede Solo
Timlo Sastro Pasar Gede
Timlo Sastro namanya, sudah ada sejak tahun 1950-an. Harga untuk seporsi Timlo lengkap 20rb + segelas teh panas 2rb nikmat pagi.

Timlo Sastro
Kenapa pilih Timlo? karena penasaran dengan panganan satu ini. Dan ternyata seperti sop kuahnya bening hanya isinya adalah jeroan + telur ayam di bagi 4 lalu martabak di bagi 2 dan sepiring nasi putih dengan taburan bawang goreng. Disediakan sambal kecap, tapi aku coba original. Agak aneh sih awal rasa nyobanya tapi perpaduan kuah dan nasi dengan bawang goreng jadi ada rasa khas yang nggak bisa diceritain HHHH kalau penasaran langsung cuss coba deh.

Lanjut jalan ke Pasar Triwindu, dari Pasar Gede jalan kaki sekitar 15 menit (1,3km) tepatnya dari Mangkunegaran belok kiri, 50m kiri jalan. Ternyata baru buka jam 10, saat itu masih pukul 8.30 am.
Biasa sok asik sama bapak ibu yang lagi duduk santai deket pasar, nampaknya lepas jalan sehat.
Pak Bambang dan Bu Bambang
Pak Bambang dan Bu Bambang perkenalan mereka membuka perbincangan kami. Beliau bercerita banyak mulai dari jogja dan solo. Beliau punya satu anak yang buka usaha di Pasar Klewer, beliau berdua pun demikian juga berdagang baju disana. Beliau juga merekomendasikan beberapa makanan yang wajib dicoba. Singkatnya karena sudah jam 9, pasangan ini berpamitan. Tak lama kemudian ada seorang gadis bersepeda lalu duduk di sebelah.  Diyah katanya. "Memang lagi sepedaan sama ngecek Pasar Triwindu buka atau enggak karna saudara mau lihat-lihat juga." Follow instagram dan tukeran WA, jam 10 mau kesini (Pasar Triwindu) lagi.

Diyah
Sambil menunggu jam 10, jalanlah aku ke Mangkunegaran yang memang deket banget buat buang waktu.
Bangunan belanda di dalam Mangkunegaran

Mangkunegaran Solo view

Mangkunegaran

Balek lagi ke depan Pasar Triwindu, ngajak ngobrol pak tukang becek yang baru nurunin bule sama tour guide-nya.
Pak Becak
Eh iya btw lampu jalan di Solo sama di Jogja beda lho kalau ada yang perhatiin. Kalau di Solo kayak sarang burung, iya nggak sih? ☺✌
Lampu jalan kota Solo
9.50 am masuk lah aku ke Pasar Triwindu yang mulai di buka kiosnya oleh para pemiliknya dan mulai di kunjungi pengunjug ☺
Selfi depan Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu adalah pasar barang antik yang ada di solo
Pasar Triwindu

Pasar Triwindu Solo

Puas sama barang-barang antik, lalu jalan kaki lagi ke arah PKU Muhammadiyah yang kata Pak Bambang selatnya enak tempatnya Bu Lies yang jual pecel belakang superindo. Sampai sana ternyata tutup. Akhirnya balek penginapan buat check-out dan persiapan pulang.

Go-Jek ke Taman Balekambang yang cuma deket dari penginapan, penasaran sama rusa yang bebas. Foto, shalat dzuhur.
Rusa Taman Balekambang

Hello kitty on Balekambang Park
Sebelum balek ke Jogja, pengen nyobain selat yang katanya juga legendaris dan banyak pengunjungnya. Viens Selat, sekitar 5 menit jalan kaki dari Stasiun Balapan.

Memang rame baget, sayangnya nggak kondusif ya. Pokoknya sampai sana langsung cari meja dan tunggu server nyamperin kamu. Tapi aku lama banget disamperin, mungkin dikira sudah pesen atau ikut rombongan kali ya? Setelah pesen, bawa kertas pesanan ke kasir lalu bayar dan tunggu selat mu datang. Selat iga harga 11,5 dan selat campur harga 9rb, aku pilih selat campur karna yang nggak ribet pikirku selain itu murah juga + es teh 2rb.
viens selat solo, selat campur murah
Selat Campur Viens Solo
Enak. Beneran enak, nagih. Next kalau ke Solo makan ini lagi deh. Dan perjalanan di Solo oleh seorang jomblo di akhiri dengan makanan penutup yang luar biasa.

Upps tambahan, di perjalanan pulang ke jogja with Prameks, duduk barengan mahasiswi Farmasi UGM masih unyu guys, baru semester 1 HHHH namanya berlin. Ngomongin tentang dunia nyata dan dunia gaib. HHHH

akhir kata, sukses buat semua orang yang sempat ngobrol singkat, semoga next time bisa dipertemukan kembali. Amiinn ❤